Nikson Nababan yang Saya Kenal

Baru saja kami selesai mandi, kami mendapat telfon dari Bapak Nikson Nababan yang mengundang kami untuk hadir ke rumah dinas Bupati Tapanuli Utara yang letaknya di Kota Tarutung.

Oleh: Simson Simanjuntak

MALAM itu, 13 Mei 2022, ketepatan saya sedang berada di sebuah kota di tepian Danau Toba bernama Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sunatera Utara, dalam rangka kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Repdem Sumatera Utara.

Saya diundang pada kegiatan tersebut dalam kapasitas sebagai Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN Repdem).

Baru saja kami selesai mandi, kami mendapat telfon dari Bapak Nikson Nababan yang mengundang kami untuk hadir ke rumah dinas Bupati Tapanuli Utara yang letaknya di Kota Tarutung.

Sesampainya kami di rumah dinas Bupati, Beliau menyambut hangat kedatangan kami bersama jajaran pengurus Repdem Nasional dan jajaran pengurus Provinsi Sumut.

Memang kami sempat menunggu beberap waktu, karena malam itu Beliau banyak didatangi tamu dari ragam latar belakang, mulai dari kelompok masyarakat dan jajaran Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Utara, pengurus partai dan tokoh masyarakat. Kata Beliau, setiap malam memang biasanya rumah dinas selalu kedatangan tamu dari beragai elemen-elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara, dengan tujuan dan kepentingan yang beragam.

Dari perbincangan kami panjang-lebar malam itu, terbetik di benak saya bahwa ternyata Nikson Nababan adalah sosok pemimpin muda yang tidak saja punya visi, tetapi sosok yang mengerti tentang problematika di dalam mengurus birokrasi pemerintahan daerah, paham bagaimana merumuskan solusi yang efektif di dalam mencari jalan keluar problematika birokrasi itu dan paham betul mau dibawa ke mana sebuah daerah yang Beliau pimpin.

Lalu besoknya, setelah acara Repdem selesai, Bapak Nikson Nababan mengajak kami meninjau sebuah desa terpencil di seberang pulau dengan menaiki kapal berukuran sedang. Beliau mengajak kami menginap di desa terpencil itu adalah untuk tujuan mengenal lebih dekat kondisi rakyat di pedalaman di kabupaten yang dia pimpin.

Dari interaksi dan perbincangan kami beberapa hari itu, sekilas ada ketertarikan saya tentang visi Beliau dalam mengelola suatu daerah. Saya memastikan bahwa Beliau adalah figur pemimpin muda yang energik, penuh semangat, dekat dengan rakyat di akar rumput, berpengetahuan luas, menguasai betul tata kelola pemerintahan daerah serta sangat paham akan mau dibawa ke mana daerah yang dia pimpin.

Nikson Nababan adalah merupakan Bupati Kabupaten Tapanuli Utara dua periode. Periode pertama yakni tahun 2014 – 2019. Saat itu ia berpasangan dengan Mauliate Simorangkir. Keduanya dilantik oleh Gubernur Sumut yang kala itu dijabat Gatot Pujo Nugroho pada Juni 2014.

Lalu periode kedua, tahun 2019 – 2024, dia berpasangan dengan Sarlandy Hutabarat. Saat itu ia didukung lima partai, yakni PDI Perjuangan, Golkar, PKB, NasDem, dan PAN.

Selama dua periode kepemimpinannya di Kabupaten Tapanuli Utara, banyak terobosan dan capaian yang telah ditorehkan intuk pembangunan dan peningkatan sumberdaya masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara.

Atas pengalaman di dalam memimpin daerah dan capaian-capaian yang telah ditorehkan selama memimpin Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Utara itu, menurut saya sangatlah tepat bila Beliau diberikan kepercayaan oleh partai politik untuk maju menjadi calon Gubernur Provinsi Sumatera Utara yang akan digelar November 202r nanti dan Rakyat Sumatera Utara memberikan amanah kepada Beliau untuk memimpin Provinsi Sumatera Utara pada Periode 2024 – 2029.

Semoga…! (Penulis adalah (Ketua DPN Repdem dan Aktivis 98)

Related posts

Leave a Comment